Apa itu DBD dan Bagaimana Tindakan Pengobatan Tahap Pertama?

Dengan maksud mengingatkan dan sharing informasi, DBD yang kini mulai kembali mewabah di berbagai pelosok daerah. Upaya pemamfaatan informasi dalam mencegah ataupun mengambil tindakan pertama dalam pengobatan di tempat,  untuk buah hati kita ataupun orang yang dekat dengan kita agar terhindar dari resiko yang tidak kita inginkan.

DBD dan Bagaimana Tindakan Pengobatan Tahap Pertama?
Apa itu DBD dan Bagaimana Tindakan Pengobatan Tahap Pertama?

1. Apa Itu DBD?

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, jenis virus yang termasuk ke dalam kelompok virus yang ditularkan oleh binatang (arbovirus). virus tersebut berasal dari nyamuk betina AEDES AEGYPTI. Penularan DBD tertuju pada anak-anak dan tingkatan remaja yang beresiko mematikan.

2. Tanda & Gejala

Ketika anak kita menderita panas tubuh 2 sampai 7 hari disertai dengan sakit kepala, lemah, nyeri uluhati, mual dan kehilangan nafsu makan (anoreksia), itu menjadi beberapa gejala sibuah hati sudah terjangkit, dan selanjutnya di sertai dengan pegal di seluruh tubuh serta nyeri otot persendian, punggung atau kepala.

3. Tahapan klasifikasi beratnya DBD

Acuan derajat beratnya penyakit secara klinis oleh WHO, dibagi menjadi 4 tahapan :
  • Tahapan pertama, demam disertai gekala klinis lain tanpa perdarahan spontan.
  • Tahapan kedua, demam yang disertai dengan perdarahan spontan.
  • Tahapan ketiga, denyut nadi cepat dan lemah, tekanan darah yang rendah, gelisah, kebiruan di sekitar mulut dan hidung serta ujung jari.
  •  Tahapan keempat, shock tubuh disertai dengan nadi yang tak teraba dan tekanan darah yang tidak dapat diukur.
4. Rencana tindakan pengobatan dini

Orangtua dan keluarga harus selalu siap untuk memberi kompres dingin, menjaga supaya anak beristirahat di tempat tidur, perbanyak minum 2500-3000 cc (3-4 botol air mineral sedang), tidak memakaikan selimut atau pakaian tebal dan memberi ventilasi ruangan yang cukup bagi anak yang terjangkit. untuk tahapan selanjutnya, Rumah Sakit menjadi prioritas utama orangtua.
Dan mengkonsumsi obat yang dianjurkan sesuai dengan aturan pakai.



DBD dan Bagaimana Tindakan Pengobatan Tahap Pertama?
Apa itu DBD dan Bagaimana Tindakan Pengobatan Tahap Pertama?


0 Response to "Apa itu DBD dan Bagaimana Tindakan Pengobatan Tahap Pertama?"

Posting Komentar

wdcfawqafwef