Mengenali Gejala-gejala Tipes (Demam Tifoid) pada Anak

Beberapa hal yang kurang diperhatikan oleh para orang tua akan selalu berdampak buruk bagi anak, diantaranya penyakit demam biasa dan gejala-gejala tipes (demam tifoid). Seringkali terjadi hal yang buruk ketika orang tua menganggap sepele kejadian dimana kondisi tubuh anak yang tiba-tiba terserang demam. Orangtua yang kurang memahami kondisi tubuh tersebut beranggapan bahwa " oh buah hatiku lagi demam ya" dan mengobatinya dengan obat demam biasa saja. Dengan memahami beberapa tanda itu cuma demam biasa ataupun gejala tipes maka orang tua akan lebih selektif dan lebih waspada untuk pencegahan ataupun pengobatannya.

Demam Tifoid pada Anak
 Gejala-gejala Tipes (Demam Tifoid) pada Anak


1. Tipes (Demam Tifoid)

Berasal dari infeksi bakteri yang mempengaruhi banyak organ dan mengakibatkan infeksi akut yang terdapat pada saluran pencernaan dengan gejala demam yang lebih dari satu minggu, disertai dengan gangguan kesadaran terhadap penderita.

2. Gejala-gejala Tipes

Gejala awal yang dialami penderita yaitu perasaan tidak enak badan, lesu, pusing dan tidak bersemangat, kemudian disusul oleh gejala klinis yang biasanya ditemukan seperti :
  • Demam panjang sampai berminggu-minggu dengan kondisi suhu tubuh yang tidak terlalu tinggi, selama minggu pertama kondisi tubuh secara bertahapa kan meningkat setiap harinya. Kebiasaan suhu tubuh penderita akan menurun di pagi hari dan meningkat pada sore hari dan malam hari.
  • Gangguan saluran pencernaan, yang ditandai dengan bau nafas pada mulut yang tidak enak, bibir kering dan pecah-pecah, lidah diselimuti selaput putih kotor (coated tongue) ujung dan tepi lidah bewarna kemerahan, perut kembung, hati dan limpa terasa nyeri dan dapat terjadi diare.
  • Gangguan kesadaran penderita walaupun tidak seberapa, terkadang walaupun jarang juga ada kejadian penderita koma dan gelisah.

3. Diagnosa

Sifat-sifat Demam Tifoid (tipes) yang mungkin muncul pada penderita, antara lain:
  • Gangguan Pemenuhan nutrisi tubuh yang disebabkan hilangnya nafsu makan penderita
  • Kenaikan suhu tubuh yang berkaitan dengan proses penyakit
  • Rasa nyeri yang melanda di bagian paling bawah tulang rusuk atau bagian paling atas paha (perut) yang disebabkan oleh infeksi pada usus
  • Gangguan pola BAB yang tidak teratur dan diare yang disebabkan oleh proses peradangan pada usus

4. Pertolongan pertama di tempat 

Pemberian kompres pada lipat paha dan dahi dapat meredakan suhu tubuh yang tinggi, asupan air dengan taksiran 3000cc perhari, menjaga penggunaan pakaian yang tipis serta penggunaan selimut tebal, menjaga asupan makanan penderita secara sedikit demi sedikit dengan skala waktu yang sering dan berupa makanan yang masih hangat.
Dan mengkonsumsi obat yang dianjurkan sesuai dengan aturan pakai.

0 Response to " Mengenali Gejala-gejala Tipes (Demam Tifoid) pada Anak"

Posting Komentar

wdcfawqafwef